Ikan yang Cocok Untuk Aquascape

42
ikan discus aquascape

Ikan yang cocok untuk Aquascape ~ Ikan apa aja sih yang cocok untuk aquascape? Untuk pemula mungkin sering bertanya-tanya mengenai hal ini, karena bingung memilih ikan yang tepat untuk aquscape bisa membuat aquscape kamu gagal total.

Jika kamu sangat pemula sekali dalam aquscape, beberapa waktu lalu cobaligo.com sudah membahas tentang apa itu aquascape, sejarah aquascape dan hal-hal lainnya tentang aquscape.

Jangan sembarang memasukkan ikan ke dalam aquascape, karena beberapa ikan ada yang sangat lincah yang bisa merusak substrat dari aquscape contohnya saja jenis algae eater. Ikan ini sangat lincah bahkan dengan kelincahannya tanaman kamu bisa berterbangan ke atas air.

Sebelum membahas ikan yang cocok untuk aquascape, mari kita bahas terlebih dahulu ikan-ikan yang kurang cocok untuk aquscape. Apa aja sih? Berikut listnya.

Ikan yang Kurang Cocok untuk Aquascape


Algae Eater

Meskipun ikan ini bagus untuk menghilangkan algae namun ikan ini justru malah menjadi boomerang buat aquascape kamu, khususnya tatanan tanaman di aquascape.

Sebenarnya ikan jenis ini bagus untuk membantu mengurangi algae, namun jangan terlalu lama menyimpan ikan jenis algae eater di aquscape jika tidak ingin desain aquscape yang sudah susah payah kamu bangun menjadi berantakan, cukup ketika banyak algae ikan ini dimasukkan, jika algae sudah hilang kamu bisa pindahkan kembali ke tank yang lain.

Ikan-Ikan Besar

Banyak ikan-ikan besar yang lucu-lucu dan menggemaskan, pengen rasanya untuk memasukkannya ke dalam aquascape. Tunggu dulu!

Ikan-ikan besar meskipun bentuknya lucu-lucu sangat tidak disarankan dimasukkan ke aquascape, karena dapat merusak tatanan desain aquascape kamu, baik dengan kibasannya, maupun hal lainnya. Sebaiknya pertimbangkan kembali jika ingin memasukkan ikan besar ke dalam aquascape, jika ingin mencoba, monggo….

Ikan Predator

Terkadang kamu ingin memasukkan ikan predator ke dalam aquascapa, namun sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memasukkannya, ikan seperti piranha memang sangat menarik ketika melihat keganasannya, namun untuk di masukkan ke aquascape lebih baik jangan.

Setalah tahu ikan-ikan yang kurang cocok untuk aquascapa, lalu ikan apa yang cocok untuk dimasukkan ke dalam aquascape?

Ada banyak ikan-ikan kecil yang cantik dan lucu untuk aquascape yang banyak beredar di toko-toko aqurium di Indonesia.

Ikan yang Cocok Untuk Aquascape


Ikan hias banyak sekali jenisnya, mulai dari yang kecil sampai yang besar, baik ikan air laut maupun air tawar. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua ikan hias bisa cocok dimasukkan ke dalam aquascape, alasannya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Lalu, ikan hias apa aja sih yang cocok untuk aquscape? dan ikan apa aja yang banyak dipakai atau direkomendasikan dimasukkan ke dalam aquascape khususnya oleh para scaper Indonesia? Berikut listnya.

  1. Keluarga Neon Tetra

    Ikan neon tetra merupakan ikan hias air tawar yang paling banyak di pilih oleh sebagain besar scaper di dunia untuk pelengkap fauna aquascape.

    Selain bentuknya yang lucu dan cantik, ikan ini juga dapat terlihat menyala ketika aquscape dalam keadaan gelap sesuai namanya “neon”. Selain itu ikan ini juga selalu berkoloni/bergerombol bergerak kesana kemari atau biasa disebut schooling.

    Ada berbagai jenis neon tetra yang sering dipake untuk aquscape, seperti cardinal neon tetra, diamond neon tetra, glow neaon tetra, green neon tetra, black neon tetra, albino neaon tetra dan masih banyak jenis neon tetra lainnya.

    Sangat cocok dipadukan dengan berbagai desain aquscape, selain harganya relatif murah sekitar Rp 1.500 – 3.000 di pasaran.

    ikan neon tetra

  2. Discus

    Ikan lainnya yang sangat cocok untuk aquascape adalah ikan discus, bentuknya yang lucu serta warnanya yang bervariasi membuat ikan ini banyak dicari oleh scaper Indonesia khusunya.

    Meskipun harganya relatif mahal yaitu sekitar Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah bahkan jutaan, namun kamu akan puas dengan bentuk dan warna ikannya, apalagi dipadukan dengan aquscape deutch style.

    ikan discus aquascape

  3. Guppy

    Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar lainnya yang paling banyak digunakan aquascaper Indonesia karena bentuk sirip dan ekornya yang cantik.

    Sekilas, ikan ini mirip dengan ikan cupang. Ikan ini hampir selalu ada di tiap toko ikan hias di Indonesia, selain perawatannya yang mudah, ikan ini juga sangat mudah berkembang biak.

    Harga ikan ini di pasaran berkisar antara ribuan rupiah sampai ratusan ribu rupiah.

    ikan guppy aquascape

  4. Molly

    Ikan molly merupakan ikan hias air tawar yang banyak juga digunakan untuk aquscape. Ikan ini selain bentuknya yang bantet lucu juga sangat berguna untuk mengurangi algae pada aquascape, karena ikan ini juga termasuk pemakan algae.

    ikan molly aquascape

  5. Platy

    Platy (Xiphophorus) adalah ikan air tawar yang tidak memiliki “pedang” di bagian bawah ekornya. Ikan ini mirip dengan ikan lain dari keluarga Poeciliidae, seperti guppy dan molly.

  6. Rasbora

    Rasbora adalah jenis ikan dari keluarga Cyprinidae. Habitatnya berada di air tawar dan banyak beredar di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara, serta Cina tenggara.

  7. Angle Fish

    Angle Fish (Pterophyllum) adalah ikan air tawar dari famili Cichlidae. Semua spesies Pterophyllum berasal dari daerah Amazon, Orinoco dan berbagai sungai di Guyana dan Amerika Selatan yang beriklim tropis.

Sebenarnya masih banyak ikan-ikan hias yang cocok di simpan di aquascape, namun yang dibahas disini adalah ikan-ikan hias air tawar yang paling banyak di pake orang para scaper khususnya di Indonesia.