Cara Backup Data WordPress

12

Artikel Cara Backup Data WordPress ~ Khusus untuk kamu pengguna blog wordpress, mungkin membackup data wordpress sangat penting dilakukan untuk menjaga-jaga jika dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog atau web wordpress kamu.

Hal-hal yang biasanya terjadi adalah kesalahan-kesalahan setingan pada wordpress atau mau migrasi server bahkan hal yang paling mengerikan adalah server tutup. 😀

Hasil backupan data wordpress ini sangat dibutuhkan ketika terjadi hal-hal tersebut di atas, dimana ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa merestore data wordpress yang telah di backup ke server yang baru ataupun server lama.

Ada beberapa cara untuk membackup data wordpress kamu, berikut selengkapnya.

Cara Backup WordPress di CPanel

Jika kamu menggunakan hosting dengan CPanel, tentu sangat mudah untuk membackup data website atau blog wordpress, biasanya di CPanel telah include menu-menu backup, seperti backup database wordpress ataupun backup file-file yang berhubungan dengan wordpress seperti backup tema wordpress, backup plugin wordpress dan file lainnya.

Untuk membackup data di CPanel, kamu tinggal login ke CPanel, kemudian cari menu backup.

  1. Buka Menu Backup

    Setelah kamu login atau masuk ke CPanel, cari dan buka menu backup.backup cpanel

  2. Pilih Full Backup

    Pilih full backup untuk membackup semua data website kamu. backup full data

  3. Pilih Destinasi

    Kemudian pilih direktori mana yang akan dijadikan destinasi untuk hasil backup data wordpress kamu, defaultnya adalah direktori home.generate backup

  4. Generate Backup

    Klik geerate backup, optional kamu bisa menambahkan email untuk notifikasi jika proses backup data telah berhasil dilakukan.

  5. Selesai

    Jika backup sudah berhasil, kamu bisa lihat hasilnya di file manager, di direktori home. Disana akan da file baru dengan embel-embel nama “backup” yang biasanya berekstensi zip atau tar.gz.

Cara Backup WordPress dengan Plugin

Hal yang paling mudah dilakukan jika kamu ingin membackup data wordpress kamu adalah dengan plugin. Plugin yang paling banyak di gunakan adalah UdraftPlus.

Plugin backup ini paling banyak di pakai oleh para pengguna wordpress, selain mudah juga kaya akan fitur-fitur yang sangat berguna untuk urusan backup dan restore data wordpress.

  • Download atau install plugin UdraftPlus.
  • Setelah plugin berhasil diinstall dan diaktifkan, kemudian buka Udraftplus di menu “Pengaturan > UdraftPlus Backup”.
  • Maka, akan muncul halaman backup di tab “Backup/Restore.

  • Klik “Add changed files” di bawah tombol “Cadangkan Sekarang”.
  • Kemudian ceklis apa yang kamu akan backup.
  • Klik tombol “Cadangkan Sekarang”.
  • Tunggu sampai proses backup selesai.
  • Jika sudah selesai akan nampak hasil dari backup di bawahnya.
  • Lihat gambar di atas, itu adalah hasil backup dengan udraftplus, disitu ada beberapa pilihan, dimana kamu bisa restore/pulihkan atau juga menghapus data backupan.
  • Kamu juga bisa mendownload hasil backupan wordpress kamu, bisa download databasenya saja, plugin ataupun tema.

Penutup

Demikian cara untuk membackup wordpress, semoga bermanfaat.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk membackup data wordpress, namun cara di atas adalah cara yang paling mudah dan paling banyak dilakukan oleh para pengguna wordpress.