Jenis-Jenis Anubias Tanaman Aquascape

    12
    Jenis Tanaman Aquascape Anubias

    Cibaligo.Com – Jenis-Jenis Anubias Tanaman Aquascape ~ Anubias adalah tanaman yang biasa digunakan di aquascape, tanaman ini selain ijo-ijo seger, sangat mudah sekali perawatannya. Tidak perlu lampu dengan watt yang tinggi, tidak perlu injek CO2 juga (low CO2) bisa tumbuh dengan baik.

    Namun, karena jenis tanaman anubias ini bukan berasal dari Indoneisa, membuat tanaman ini menjadi barang “mahal” di kalangan aquascaper.
    Meskipun begitu, tetap saja banyak yang memburu tanaman ini, karena kecantikannya dan juga mudah perawatannya. Selain langka pula di Indonesia.

    Berikut adalah beberapa jenis tanaman Anubias beserta spesifikasinya untuk aquascape:

    Anubias Barteri Coffeefolia

    Anubias Barteri Coffeefolia
    image by lelong.my
    AsalAfrika
    PertumbuhanLambat
    Tinggi15-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias barteri coffeefolia adalah kelompok tumbuhan atau kultivar Anubias barteri yang sangat indah. Tingginya bisa mencapai 15-25 cm dan rhizome merambat dari 10-15 cm atau bahkan bisa lebih tinggi.

    Karakteristik dari anubias jenis ini adalah lekukan daun jauh di antara tulang rusuk daun, dan daun barunya atau tunas berwarna merah kecoklatan.

    Perpaduan warna dan bentuk daun membuatnya menjadi variasi yang menarik dan indah untuk di simpan di dalam aquascape milik kamu.

    Sangat cocok untuk aquarium ukuran kecil, sedang maupun besar.
    Dan bagusnya lagi tanaman anubias ini tidak dimakan oleh fauna herbivora, jadi lebih aman di dalam tank.

    Anubias Barteri Angustifolia

    Anubias Barteri Angustifolia
    image by tropica.com
    AsalAfrika
    PertumbuhanLambat
    Tinggi10-15++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias barteri angustifolia berasal dari Afrika Barat merupakan air yang sangat  indah dengan daun yang panjang. Tingginya bisa mencaapai 10-20 cm dengan rhizome membentuk 10-15 cm atau lebih besar. 

    Anubias Barteri Barteri

    Anubias Barteri Barteri
    image by tropica
    AsalAfrika
    PertumbuhanLambat
    Tinggi20-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias barteri sangat bervariasi dalam hal ukuran dan bentuk daun.
    Seperti spesies Anubias lainnya, dapat di tanam di tempat yang teduh untuk meminimalisir pertumbuhan ganggang atau algae di daun. Sangat cocok untuk terarium, paludarium juga untuk aquascape. Untuk Anubias barteri Barter sendiri tumbuh agak lebih besar dari Anubias nana, tetapi tumbuh dalam kondisi yang sama.

    Anubias Barteri Caladiifolia

    Anubias Barteri Caladiifolia
    image by wiki
    AsalAfrika
    PertumbuhanLambat
    Tinggi20-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias barteri caladiifolia merupakan varian dari jenis anubias barteri dengan daun berbentuk hati (lope lope gitu lah). Daunnya dapat hidup selama beberapa tahun, selain itu anubias jenis ini juga dapat dengan mudah membentuk kelompok besar meskipun pertumbuhannya lambat seperti kebanyakan jenis anubias lainnya.

    Anubias Barteri Nana

    Anubias Barteri Nana
    AsalKamerun
    PertumbuhanLambat
    Tinggi20-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias barteri nana atau lebih sering disebut anubias nana ini merupakan jenis lain dari anubias barteri dengan ukuran yang lebih kecil dan dapat tumbuh subur di segala kondisi.

    Tinggi dari anubias jenis nana ini tingginya bisa mencapai 15cm atau lebih, meskipun pertumbuhannya sangat lambat, namun tanaman ini dapat tumbuh hingga beberapa tahun.

    Agar tumbuh lebih baik, sebaiknya menanam anubias jenis nana ini ditempel di batu atau akar. Jangan sekali-kali menanam tanaman jenis ini di tancap ke substrat atau media tanam seperti soil, karena akan membusuk, alternatifnya bisa di ikat ke lempeng pakis.

    Anubias Gracilis

    Anubias Gracilis
    image by the green machine
    AsalKamerun
    PertumbuhanLambat
    Tinggi20-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias merupakan tanaman asli dari afrika, dan Afrika Barat merupakan rumah bagi beberapa jenis anubias, termasuk yang satu ini. Daunnya berbentuk segitiga dan tingginya bisa mencapai 10cm atau lebih.

    Sama seperti jenis anubias lainnya, untuk menanam tanaman jenis anubias ini sebaiknya di tanam di batu atau akar, jangan sekali-kali menancapkannya di soil atau pasir malang, karena akan cenderung membusuk.

    Sekedar info tambahan jenis anubias barteri ini dapat dibiarkan tumbuh keluar dari air, tetapi akan mencapai ukuran yang signifikan dengan cara ini.

    Anubias Petite

     Anubias Petite
    AsalKamerun
    PertumbuhanLambat
    Tinggi20-30++ cm
    Pencahayaan0.5 Watt/Liter
    CO2Rendah

    Anubias petite merupakan jenis anubias yang paling banyak diminati oleh para scaper Indonesia, selain harganya yang relatif lebih murah tidak semahal pinto, juga banyak dijual di toko-toko online.

    Pertumuhannya sangat lambat dan biasanya rentan terhadap penyakit, jika parameter air kurang bagus. Tingginya bisa mencapai 5cm atau lebih.

    Sangat cocok dan indah ketika di tanam di sela-sela bebatuan dan akar pohon. Untuk menanamnya bisa di ikat ke batu atau akar.

    Anubias Pinto

    Anubias Pinto

    Anubias pinto adalah varian dari jenis anubias yang berbeda dari yang lainnya, sangat jauh berbeda dari warna daunnya, dimana anubias pinto ini berwarna putih atau belang putih walaupun dari segi bentuk dan rhizomnya sama.

    Anubias pinto saat ini menjadi barang langka dan harganya cukup menguras kantong untuk hanya satu rhizome anubias pinto.

    Catatan


    Tanaman anubias ini sangat cocok untuk scaper pemula, selain bentuknya indah dan menyegarkan mata ketika dipandang, tanaman anubias juga mudah dalam perawatannya, bahkan jika dibiarkanpun tanpa di rawat akan tumbuh, yaaa… meskipun tidak tumbuh subur.

    Tanaman anubias tidak perlu menggunakan lampu yang tinggi juga tidak perlu injek CO2, karena tanpa hal tersebut juga biasanya anubias ini akan tetap tumbuh, meskipun akan lebih bagus memakai lampu yang sesuai kebutuhan tanaman dan juga injek CO2.

    Untuk penanammnya, kamu bisa menempelkannya di batu atau di akar pohon atau bisa juga di lempeng pakis, bisa diikat dengan benang atau nilon.

    Jika belum tau apa itu aquascape, kamu bisa baca-baca di artikel sebelumnya mengenai aquascape dan cara merawatnya.

    Referensi :